Semangat Pagi Hari Bukan dari Kopi, Tapi Tergantung Pikiran




img 
(Foto: thinkstok)
Sebagian besar orang sangat tergantung dengan secangkir kopi untuk memulai hari. Padahal yang bisa membangkitkan semangat di pagi hari bukanlah kopi, tapi apa yang ada di dalam pikiran.

Para peneliti Inggris melakukan studi untuk mengetahui benarkah secangkir kopi bisa membuat seseorang lebih semangat di pagi hari. Ternyata diketahui bahwa pikiran memberikan pengaruh yang lebih besar dibanding secangkir kopi.

Dalam studi ini peneliti memberikan kopi tidak berkafein tanpa sepengetahuan partisipan, lalu dilakukan serangkaian tes yang dirancang untuk mengukur kinerja mental, waktu reaksi dan suasana hati.

Diketahui partisipan yang menerima kopi tanpa kafein memiliki peningkatan yang signifikan dalam kinerja dan juga suasana hatinya. Hal ini tak jauh berbeda dengan partisipan yang mengonsumsi kopi berkafein.

Hasil ini menunjukkan bahwa bukan secangkir kopi yang bisa meningkatkan semangat di pagi hari, melainkan apa yang ada dipikiran seseorang. Karena seseorang akan berpikir semangatnya muncul setelah minum kopi, terlepas dari apakah kopi tersebut berkafein atau tidak.

Hal lain yang dipercaya oleh para partisipan adalah kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan dan bisa bekerja pada otak untuk memerangi rasa kantuk dan juga kelelahan, seperti dikutip dariTelegraph, Selasa (6/9/2011).

Studi ini dilakukan oleh tim dari University of East London yang melibatkan 88 partisipan berusia 18-47 tahun yang merupakan pecinta kopi dan mengonsumsinya minimal 2 kali sehari. Hasil studi ini juga telah diterbitkan dalam jurnal Appetite.

Untuk menghindari kecanduan kopi, tak ada salahnya mengurangi jumlah kafein yang dikonsumsi. Jika terbiasa minum kopi saat pagi hari, maka mulailah menanamkan pemikiran positif untuk membangkitkan semangat.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »