Tulis Status Facebook, Mbok Ya Yang Manfaat Gitu…

Tulis Status Facebook, Mbok Ya Yang Manfaat Gitu…

status-fbDALAM sebulan terakhir ini saya jadi “Facebooker aktif”, “rajin” update status, plus komentari status teman dan “komentar komentar” (maksudnya komentar balik komentar yang masuk). Yang paling sering adalah membaca status teman. Maklum, saya aktifkan aplikasi FB di Wallpaper HP.
Saya tertawa, kadang terpingkal, jika baca status lucu. Saya merenung jika baca status renungan atau “serius”. Yang paling sering, saya hanya gelang-geleng kepala sedikit, yaitu ketika baca status “asal”, asal update dan terkesan hanya “caper” (cari perhatian).
Narsisme! Itulah yang terjadi di kalangan Facebooker, termasuk saya tentunya. Hayang kapuji. Pengen dipuji. Riya’ kata ustadz saya mah. Harus banyak istighfar dong ya… (Astaghfirullahal ‘adhim…).
Jika kita kategorisasi, ada banyak kategori status Facebook (FB). Mulai dari “Status Alay” atau “kampring” alias “kampungan” (tidak intelek gitu ya…?), “Status Lebay”, Status Lucu (ini saya suka!), Status Serius (jarang dikomentari tuh…!), status informatif (biasanya FB wartawan neeh…), status Provokatif (hati-hati, terjerat hukum!), Status Gak Jelas, Status Caper (cari perhatian, ini yang dominan), hingga Status Melankolis dan “Status Gak Penting”. Ada juga status promotif atau tawarkan barang/jasa.
Dari status FB-nya, kita bisa “mengintip” bahkan mengenali karakter seseorang. Lewat status FB, kita juga bisa mempraktikkan komunikasi persuasif, termasuk komunikasi dakwah.
Yuk, mari ah… kalo update status FB, mbok ya yang bermanfaat gitu lho… bagi nusa, bangsa, dan agama… (halah! kayak cita-cita waktu SD aja “Ingin jadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama…).
Status terfavorit kayaknya “status lucu”, humor, tapi jangan yang jorok dong… Status yang mencerahkan, that’s better, meski risikonya gak banyak komentar masuk.
Status FB yang baik yang bagaimana…? Ya, yang bermanfaat lah… betu tidak..? Tapi kalo mau ada acuannya, ya… gunakan saja “nilai berita” (news values): aktual, faktual, penting, dan menarik. Nah, itu kita bahas nanti deh.
Sekian dulu… Maaf ya, jika ada yang tidak berkenan dengan tulisan yang baru “prolog” ini, lebih tepatnya “naskah kasar” (rough draft) atau “naskah awal” (first draft). Selengkapnya, insya Allah, next time… Wasalam.*

Perampokan Pulsa, Lawan!

Perampokan Pulsa, Lawan!

pulsaPulsa baru diisi, belum juga dipake SMS atau telefon, udah berkurang, banyak lagi, bahkan habis! Sangat menggeramkan, bukan?
Penyebab pulsa berkurang, seperti saya alami dan banyak pengguna ponsel lain di seluruh Indonesia, utamanya adalah tiba-tiba datang kiriman SMS layanan konten empat digit, misalnya 9799, 3789, 7889, 3689, dan banyak lagi. Padahal, kita tidak pernah mendaftar (registrasi), tidak pernah ketik REG lalu kirim ke XXXX.
Setiap mendapat satu SMS  pulsa tersedot, berkurang rata-rata Rp 2.000 atau kurang. Meski sudah minta pengiriman SMSdihentikan, namun operator kartu tidak peduli. SMS tetap dikirim terus. Apalagi kalu kita tidak tahu caranya menghentikan aksi perampokan pulsa itu.
Para korban perampokan pulsa bisa gabung dengan Laman/Page Facebook “Stop Pencurian Pulsa dengan Modus Menjual Content” untuk sharing dan “bersatu kita teguh”. Hingga tulisan ini saya buat, grup tersebut sudah diikuti 15 ribu lebih facebooker. Ayo, gabung dan “bergerak” pada saatnya nanti!
Saya sudah beberapa kali menjadi korban aksi perampokan pulsa dari nomor 9877 dan 9090. Syukur alhamdulillah, saya sudah aman karena keluhan saya via email sudah ditanggapi. Kalau Anda juga menjadi korban, lawan! Sampaikan keluhan, bila perlu seret tu provider ke pengadilan!
Coba simak keluhan seorang kawan kita ini:
“Saya dinyatakan terdaftar sebagai pengguna layanan konten 3789, padahal saya tidak pernah melakukan REG dan tidak pernah memberikan konfirmasi berlangganan.  Sejak terdaftar di layanan konten 3789, saya menerima SMS berbayar yang tagihannya dibebankan ke tagihan bulanan Matrix saya. Walaupun saya memblok SMS, SMS tetap masuk dan biaya tetap dikenakan.  Ternyata, hal ini berlangsung selama tiga bulan, dan selama tiga bulan itu saya mendapatkan beban tambahan untuk membayar biaya langganan yang tidak pernah saya inginkan. Tagihan tersebut total berjumlah Rp 124.302,00…”
Saya turut prihatin, apalagi saya juga pernah merasakan kegeraman yang sama.
Menurut Pos Kota (6/9), aksi perampokan pulsa ponsel makin menggila. Sudah banyak pengguna ponsel yang menjadi korban. Pulsa mereka selalu dikuras setiap kali mendapat SMS yang dikirim operator penyedia jasa telekomunikasi.
Redaksi Pos Kota mendapatkan keluhan dari pembaca perihal keculasan operator penyedia jasa telekomunikasi dalam layanan SMS Dalam beberapa hari saja, tercatat 16 pembaca.
Polisi dikabarkan masih melakukan penelitian kemajuan Teknologi dan Informasi (TI) untuk mencari adanya pelanggaran hukum di dalamnya.
Menurut anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indoesia, Heru Sutadi, operator seluler juga bertanggung jawab terhadap “pencurian” pulsa itu. Pada prinsipnya, operator wajib memberikan informasi yang detail kepada konsumen terkait semua layanan yang disediakan.
Sebagaimana diberitakan vivanews.com (8/9)., Heru menjelaskan, dalam  Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi No.1 Tahun 2009, sudah ditentukan soal layanan. Salah satunya, terkait dengan SMS. Jika operator tidak fair, itu melanggar UU layanan konsumen.
Cara Berhenti
Kita berterima kasih kepada kawan-kawan blogger yang sudah berbagi (sedekah info) tentang cara menghentikan layanan SMS konten itu. Jika gagal, saya menyarankan Anda langsung kirim email ke CS masing-masing operator, via email atau telefon, jika perlu datang langsung ke kantor provider itu dengan membawa pengacara!
Berikut ini cara UNREG SMS konten yang saya kutip dari beberapa situs, termasuk www.pulsacenter.com. Ini data setahun lalu, semoga masih berlaku.
  1. Dada.net. Sender: 9400. Reg: REG GOLD  kirim ke 9400. Unreg: UNREG GOLD kirim ke 9400.
  2. Untung. Sender: 9886. Reg: REG UNTUNG kirim ke 9886. Unreg: UNREG UNTUNG kirim ke 9886.
  3. Paket Wisata ke Bali. Sender: 7704. Reg: REGWB kirim ke 7704. Unreg: UNREGWB kirim ke 7704.
  4. Liburan Asik Indosat. Sender: 9788. Reg: REG JA kirim ke 9788. Unreg: UNREG JA kirim ke 9788.
  5. Lada2.com. Sender: 9898/9090. Unreg: UNREG GAME kirim ke 9090.
  6. id.funmobile.com. Sender: 9779. Unreg: UNREG kirim ke 9779.
  7. 9133. Sender: 9133/9122. Unreg: ketik UNREG DK kirim ke 9133.
  8. 9698. Sender: 9698. Unreg: ketik UNREG BG kirim ke 9698.
  9. Wapindo. Sender: 7575. Unreg: STOP SUBS kirim k 7575
    SMS Emoticon Simpati. Unreg: Untυk berhenti berlangganan, hubungi *805#
  10. UNREG kuis SMS Bola 9886. Unreg: STOP kirim ke 9886.
  11. Unreg SMS PREMIUM LOVE Trivia QUIZ & SMS PREMIUM Info Kuis Game Sega SONIC 7337. Unreg: UNREG LOVE аtаυ UNREG iSONIC kirim ke 7337.
  12. Unreg 9011. Unreg: Bagi уаnɡ kesulitan berhenti langganan 9011 khusus υntυk indosat boleh coba Ketik UNREG UNIK kirim ke 9011.
  13. Unreg Esia Yahoo. Unreg: ketik UNREG(spasi)YM kirim ke 88866
  14. UNREG LELANG TELKOMSEL dari 2680. Unreg cara 1. : coba kаmυ tkan *268# > pilh lelang74>ѕtοр
  15. UNREG MUSLIM SOAL. Unreg: ketik UNREG MUSLIM SOAL kirim ke 9886
  16. UNREG XSMS. Xsms itu adalah Xpressive SMS. Unreg: UNREG kirim ke 2767 tarif 350/sms
  17. Unreg 2680. Unreg: ketik OFF kirim ke nomor 2680 аtаυ Unreg: ketik Unreg kirim ke nomor 2680 Atаυ call CS: 116.
Cara Berhenti Berlangganan XL dari 86801
1. Tidak bisa kirim sms UNREG atau STOP ke no 8680
2. Tlp aja 817, terus minta distop. Hasilnya, operator mengabarkan “akan kami bantu”. Selang 1-2 menit kemudian, datang sms dari 868 berisi konfirmasi “berhenti berlangganan XL Internet”
3. Cara lain, tekan *123#, pilih 4-Internet/BB. Saya coba, namun gagal, waktu habis katanya. Katanya sih, nanti pilih info.
Tips Hindari
Bagaimana agar kita tidak menjadi korban? Saran saya sih, jangan tergiur dan tergoda oleh macam-macam tawaran layanan SMS, baik tawaran kuis, hadiah, langganan info, atau apa pun. Cuekin aja! Nah, kalo ternyata masih jadi korban juga, cepat UNREG, hubungi CS, komplain, dan bila perlu… langsung hubungi langsung polisi atau pengacara aja! Tuman atu da!
Hati-hati meminjamkan HP Anda. Jadikan HP Anda benar-benar milik pribadi, privasi, bahkan sesama anggota keluarga pun harus punya HP sendir-sendiri.
Jika Anda benar-benar mau ikutan SMS berlangganan itu, pastikan dulu ada info jelas tentang cara STOP/UNREG-nya, cara berhenti berlangganan. Jika tidak, jangan berlangganan layanan tersebut! Wasalam.

Hormon Seks Anak Laki-laki Sekarang Lebih Cepat Matang

Hormon Seks Anak Laki-laki Sekarang Lebih Cepat Matang


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Produksi hormon testosteron (hormon seks) anak laki-laki saat ini 2,5 bulan lebih cepat dibanding dekade sebelumnya. Anak laki-laki yang sekarang berusia 18 tahun, memiliki kematangan seksual yang sama seperti laki-laki berusia 22 tahun pada tahun 1800.

Studi ini memperkirakan puncak dari hormon testosteron anak laki-laki telah mencapai kematangan seksual 2,5 bulan lebih cepat dibanding sebelumnya sejak tahun 1700-an.

Perempuan telah lebih dulu diketahui mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dibanding sebelumnya. Tapi untuk laki-laki, studi ini merupakan yang pertama. Peneliti Joshua Goldstein menuturkan bahwa anak laki-laki yang sekarang berusia 18 tahun, memiliki kematangan yang sama seperti laki-laki berusia 22 tahun pada tahun 1800.

Para peneliti menduga bahwa faktor nutrisi yang lebih baik serta jumlah lemak yang ada di tubuh merupakan beberapa hal yang mendorong terjadinya kematangan seksual lebih cepat pada laki-laki.

Peneliti menggunakan data laki-laki dari Swedia, Denmark, Inggris dan Italia. Diketahui periode seorang laki-laki berisiko tinggi (saat produksi testosteron berada di puncak) semakin bergeser ke bawah atau sekitar 2,5 bulan lebih cepat per dekade.

Selain itu kematangan seksual yang berubah juga ditandai dengan perubahan pita suara. Pada tahun 1700-an anak laki-laki di Leipzig, Jerman mulai mengalami perubahan suara saat berusia 18 tahun, tapi pada abad ke 20 rata-rata perubahan suara ini terjadi di usia 13 tahun.

Goldstein dalam jurnal PLoS ONE yang dipublikasikan tanggal 17 Agustus 2011 menuturkan bahwa peningkatan gizi dan penurunan penyakit yang meningkatkan kadar stres memungkinkan lebih banyak sumber daya yang dikhususkan tubuh untuk proses pematangan seksual, sehingga bisa terjadi lebih cepat.

"Kematangan yang lebih dini ini tidak perlu dikhawatirkan, karena anak laki-laki dan perempuan yang lebih cepat matang secara fisik nantinya juga akan menikah, memilih karir dan memiliki anak," ujar Goldstein, seperti dikutip dari LiveScience, Jumat (19/8/2011).

Ini Dia!.. Obat Impoten ala Rumah

Ini Dia!.. Obat Impoten ala Rumah


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Selama ini impotensi alias disfungsi ereksi lebih banyak diobati dengan obat Viagra. Padahal, bahan-bahan alami yang ada di rumah Anda juga bisa membantu mengatasi impotensi. Apa saja?

Jika Anda belum mampu mencapai ereksi selama beberapa minggu, maka disfungsi ereksi mungkin menjadi penyebabnya. Disfungsi ereksi dapat disebabkan baik karena masalah fisiologis atau psikologis.

Anda harus berkonsultasi dengan dokter secepat mungkin untuk memastikan bahwa Anda mengalami disfungsi ereksi. Namun tidak ada salahnya mencoba pengobatan ala rumah untuk mengatasi impotensi.

Berikut beberapa pengobatan ala rumah yang populer untuk impotensi, seperti dilansir Livestrong dan Lifemojo, Sabtu (11/6/2011):

1. Wortel
Wortel sangat membantu dalam menyembuhkan impotensi. Wortel dapat dicincang dan dicampur dengan telur rebus yang dipotong halus. Campuran ini kemudian dapat dicelupkan ke dalam madu (satu sendok makan) dan bisa dimakan setiap hari selama paling sedikit satu bulan. Wortel adalah obat rumah yang juga efektif meningkatkan libido.

2. Kurma kering (Chhuara)
Kurma kering juga sangat populer di kalangan orang-orang yang menderita disfungsi ereksi karena kurma dikenal dapat memberi banyak energi.

3. Kismis
Kismis terutama kismis hitam sangat efektif dalam menyembuhkan impotensi, karena kaya akan serat, magnesium, tiamin, vitamin C, vitamin K, vitamin E, riboflavin, folat, niacin, seng, kalsium, selenium dan mangan.

4. Jahe
Jus jahe adalah afrodisial terkenal yang dapat membali membugarkan kehidupan seks Anda. Anda dapat mengekstrak jahe dan mencampur sari jahe dengan madu dan telur.

5. Asparagus
Asparagus merupakan afrodisiak yang digunakan dalam kedokteran Yunani (Unani). Anda bisa merebus 15 gram akar asparagus bersama dengan susu dan minum kombinasi ini 2 kali sehari. Hal ini dapat menyembuhkan ejakulasi dini dan penyakit seksual lainnya.

Prestasi Anak Ikut Dipengaruhi Perawatan Kesehatannya

Prestasi Anak Ikut Dipengaruhi Perawatan Kesehatannya


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Kesehatan merupakan faktor penting yang mendasari kehidupan seseorang. Ternyata prestasi seorang anak di sekolahnya juga turut dipengaruhi oleh perawatan kesehatan yang dimiliki.

Anak yang memiliki akses ke asuransi kesehatan lebih sehat dan berprestasi di sekolah daripada anak yang tanpa asuransi. Demikian menurut para peneliti di Sekolah Kedokteran Keck dari University of Southern California (USC).

Penelitian ini merupakan yang pertama kalinya dalam menunjukkan secara langsung manfaat kesehatan pada anak-anak dengan apa yang disebut 'rumah medis' atau 'medical homes', yaitu perawatan medis yang mudah diakses, komprehensif, terkoordinasi, berpusat pada keluarga, penuh kasih dan efektif secara kultural.

"Jika Anda dapat memasukkan anak-anak ke rumah medis, ada potensi keuntungan yang besar. Kami menemukan ada hubungan yang kuat antara perawatan medis berkualitas tinggi dengan perbaikan kesehatan dan keterlibatan di sekolah," kata Gregory D. Stevens, PhD, dilansir oleh eurekalert.org, Rabu (7/9/2011).

Sebuah rumah medis yang berpusat pada keluarga seperti yang didefinisikan oleh American Academy of Pediatrics bukanlah sebuah bangunan atau jasa, tetapi pendekatan dalam menyediakan perawatan primer yang komprehensif untuk pasien.

Disebut-sebut sebagai masa depan kedokteran keluarga, rumah medis dan model perawatan pasien lain dipertegas dengan reformasi kesehatan setelah disahkan menjadi undang-undang oleh Undang-Undang Perlindungan Pasien dan Perawatan Terjangkau atau Patient Protection and Affordable Care Act tahun 2010 di AS.

Studi yang dilaporkan dalam jurnal Medical Care edisi September menemukan anak-anak yang terdaftar dalam program Anak Sehat cenderung memiliki sumber perawatan kesehatan secara rutin dan penanganan yang baik. Anak-anak yang terdaftar dalam program selama lebih dari satu tahun melaporkan mendapatkan perawatan rumah medis yang terbaik.

Studi terpisah yang diterbitkan secara online oleh Health Services Research menemukan anak-anak yang mendapat perawatan rumah medis lebih sedikit absen di sekolah dan mendapat nilai bagus dalam pelajaran matematika dan membaca.

Para peneliti mensurvei 4.011 anak dari 21 dari 24 program Anak Sehat di AS, program yang menyediakan asuransi kesehatan yang terjangkau bagi anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah yang tidak memenuhi syarat untuk program asuransi negara. Sampel kebanyakan terdiri dari anak-anak keluarga Amerika Latin berpenghasilan rendah dan sebagian besar keluarga yang berbahasa Spanyol.

Kemampuan Berbahasa Asing Bisa Pengaruhi Gaya Seks

Kemampuan Berbahasa Asing Bisa Pengaruhi Gaya Seks


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Sebuah penelitian di Hong Kong menemukan orang China yang bisa berbahasa asing terutama Inggris ternyata akan mempengaruhi gaya seksnya. Kemampuan berbahasa asing bikin orang bisa lebih mengeksplor berbagai budaya yang membuatnya lebih lihai bergaya erotis.

Penelitian yang dilakukan The Hong Kong Polytechnic University menemukan mahasiswa dan mahasiswi yang pandai berbahasa Inggris menjadi lebih terbuka, lebih berani dan terbuka untuk menerima pengalaman-pengalaman baru dibanding mahasiswa yang hanya bisa berbahasa Kanton.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Personality and Social Psychology Bulletin menyimpulkan, bahwa ada hubungan antara kemampuan bahasa asing dengan sifat kepribadian seseorang termasuk kepribadian atau gaya seksnya.

Peneliti memang tidak secara langsung mendapatkan hubungan dari kemampuan berbahasa asing dengan kepribadian seks seseorang. Namun fakta dalam penelitian ini mendapatkan orang yang mampu berbahasa asing lebih pandai merayu dan melakukan pembicaraan erotis yang lebih nyaman mereka lakukan dalam bahasa asing.

Menurut seksolog dan pakar hubungan manusia Dr Yvonne K. Fulbright seperti dilansir darihuffingtonpost, Minggu (12/6/2011), kemungkinan itu bisa saja terjadi. Karena kemampuan orang berbahasa asing di luar bahasa aslinya telah membuat orang mengerti berbagai budaya negara lain sehingga membuat orang tersebut terpengaruh dan berekspresi seperti budaya yang ditirunya.

"Jadi memang bisa saja misalnya ekspresi seksualnya dipengaruhi dengan gaya bicaranya yang seksi," kata Dr Yvonne.

Dalam kasus kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa kedua terhadap gaya seks, menurut Dr Yvonne memang bisa saja seseorang menjadi lebih berani dalam hubungan asmaranya. Sehingga mereka terlihat menjadi lebih erotis ketika di kamar bersama pasangannya. Kemampuan seks seperti itu biasanya didapat dari informasi erotis dari bahasa keduanya.

Kemampuan untuk berbahasa asing terutama Inggris membuat orang lebih mudah untuk mengerti informasi seksual baik melalui media cetak maupun elektronik. Apalagi di Asia, masalah seks adalah masalah tabu sehingga jarang media yang mengulasnya secara detail layaknya media barat. Akibatnya banyak orang mencari informasi seks dari bahasa asing.

Survei sebelumnya juga membuktikan bahwa pria dengan tipe profesi tertentu dengan persinggungan penggunaan bahasa asing yang cukup tinggi ternyata memiliki kemampuan seks yang lebih baik. Pria dengan profesi seperti dokter, guru atau dosen, analis, penulis dan pekerja di dunia hiburan umumnya masuk kategori pria berkemampuan seks baik

Anak-Anak Bermain Video Game untuk Menghindari Orangtua?

Anak-Anak Bermain Video Game untuk Menghindari Orangtua?



img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Anak-anak yang berpikir bahwa orangtua mereka jarang memberikan perhatian atau justru terlalu cerewet, cenderung bermain videogame lebih banyak daripada anak-anak lain. Orangtua yang terlalu bertindak negatif membuat si anak menghindar.


Demikian menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Michigan State University. Penelitian ini merupakan salah satu yang pertama dalam mencari hubungan antara perilaku orangtua dengan kecenderungan bermain videogame pada anak-anak.


Para peneliti mensurvei lebih dari 500 siswa dari 20 sekolah menengah dan menemukan bahwa anak-anak yang lebih merasakan perilaku orangtua mereka sebagai perilaku negatif (misalnya banyak mengomel) dan kurang melakukan pemantauan, semakin banyak yang bermain videogame.


"Langkah selanjutnya adalah untuk mencari tahu apa yang memicu perilaku videogame anak-anak. Apakah interaksi negatif orang tua dengan anak mendorong anak-anak ke dalam dunia video game? Mungkinkah untuk melarikan diri dari efek negatif orang tua?" kata ketua penelitian Linda Jackson seperti dikutip dari situs resmiMichigan State University, Kamis (8/9/2011).


"Atau kebalikannya, apakah bermain video game menyebabkan anak untuk melihat hubungannya dengan orangtua sebagai hal yang negatif?" ujar Jackson yang juga seorang profesor psikologi Michigan State University ini menambahkan.


"Bisa juga faktor kepribadian anaklah yang bertanggung jawab terhadap hubungan antara persepsi negatif orang tua dan bermain videogame," lanjutnya.


Jackson kemudian mengajukan sebuah pertanyaan yang menarik, yaitu mengenai hubungan antara bermain video game dengan perilaku yang sebenarnya dirasakan orang tua. "Persepsi tidak selalu mencerminkan realitas. Dan ini mungkin terjadi dalam hubungan anak-orangtua," katanya.


Penelitian ini dimuat dalam konferensi dunia "World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia & Telecommunications 2011". Penelitian ini merupakan salah satu bagian dari proyek yang lebih besar di mana Jackson dan rekan-rekannya mengeksplorasi efek penggunaan teknologi terhadap prestasi akademik, kehidupan sosial, kesejahteraan psikologis, dan penalaran moral anak-anak.

Orgasme Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Orgasme Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Bisa mencapai orgasme (puncak kenikmatan seksual) ternyata tidak hanya membuat seseorang merasa terpuaskan, karena ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika berhasil mencapai orgasme.

Berbagai penelitian di bidang kesehatan seksual yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan telah menunjukkan bahwa orgasme bisa memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan, baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Pada laki-laki, orgasme bisa dicapai dengan merangsang daerah genital baik dilakukan oleh diri sendiri (masturbasi) atau dengan bantuan pasangan. Cara termudah untuk mencapainya adalah melalui penetrasi.

Sedangkan pada perempuan bisa mengalami 2 jenis orgasme seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (1/7/2011) yaitu:
1. Orgasme klitoris, yaitu organ seksual kecil yang menjadi salah satu tempat perempuan mendapatkan kenikmatan seksual maksimal. Klitoris akan membengkak selama ada gairah dalam kegiatan seksual dan pembuluh darah di sekitarnya juga akan membesar. Orgasme yang dicapai dengan merangsang daerah ini disebut dengan orgasme klitoris.

2. Orgasme vagina, yaitu orgasme yang dicapai ketika vagina dan leher rahim dirangsang. Dalam beberapa kasus orgasme yang dicapai melalui stimulasi vagina bisa lebih intens dibanding klitoris.

Manfaat orgasme bagi kesehatan tubuh yaitu:

1. Mengurangi ketegangan
Selama hubungan seksual, tubuh akan meningkatkan aliran darah dan denyut jantung secara signifikan serta otot yang tegang akan berkurang. Ketika mencapai orgasme maka seluruh tubuh akan menjadi rileks dan ketegangan yang ada dalam sistem saraf akan berkurang.

2. Menghilangkan nyeri dan rasa sakit
Nyeri pada tubuh dan juga sakit kepala bisa dihilangkan melalui orgasme, karena tubuh melepaskan hormon endorfin selama hubungan seks. Hormon ini mirip seperti morfin yang dapat meningkatkan toleransi tubuh terhadap rasa sakit.

3. Membakar kalori
Tidak hanya hubungan seks yang bisa membakar kalori, karena orgasme juga turut membakar kalori di dalam tubuh dan membantu mengurangi keinginan untuk makan. Selama orgasme tubuh akan mengeluarkan zat phenetylamine yang memainkan peran penting dalam mengelola selera seseorang, sehingga keinginan makan berkurang dan kalori terbakar.

4. Mendapatkan tidur yang lebih nyenyak
Orgasme biasanya memiliki efek penenang yang membantu menenangkan tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak. Otot di seluruh tubuh akan rileks dan tekanan darah menurun setelah orgasme.

5. Menjaga kulit tetap bersih
Saat berhubungan seks hingga mencapai orgasme, tubuh akan mengeluarkan keringat untuk membantu mengeluarkan segala bentuk kotoran dan racun dari dalam tubuh. Kondisi ini membantu menjaga kulit tetap bersih dan cerah.

Minyak Ikan Bikin Anak Lebih Fokus di Sekolah

Minyak Ikan Bikin Anak Lebih Fokus di Sekolah


img
(Foto: thinkstok)
Jakarta, Konsentrasi dan fokus sangat dibutuhkan bagi anak di sekolah agar lebih mudah menerima pelajaran yang diberikan. Selain harus rajin belajar, mengonsumsi minyak ikan juga bisa membantu anak lebih fokus di sekolah.

Asam lemak omega-3 yang juga disebut dengan asam lemak esensial merupakan lemak tertentu yang dibutuhkan tetapi tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asam lemak omega-3 dari makanan tertentu seperti dari minyak ikan.

Menurut University of Maryland Medical Center, asam lemak omega-3 dapat menguntungkan kesehatan dengan mengurangi inflamasi selular, menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan artritis, mendukung otak yang sehat dan mengatur fungsi kognitif dan perilaku.

Saat ini, ada beberapa bukti yang menyebutkan bahwa asam lemak omega-3 pada minyak ikan dapat membantu meningkatkan perhatian, fokus dan konsentrasi, khususnya bagi anak-anak dengan defisit perhatian.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa suplemen asam lemak secara dapat meningkatkan kemampuan anak untuk fokus, yang pada gilirannya mempengaruhi kemampuan belajar, seperti dilansir Livestrong, Selasa (13/9/2011).

Dr Edward Hallowell, seorang dokter anak yang ahli ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), pernah menulis artikel di New York Times pada tahun 2008 yang merekomendasikan rutin mengonsumsi minyak ikan untuk pasien dengan ADHD, meskipun ia mencatat bahwa minyak ikan saja tidak dapat menyembuhkan ADHD.

Menurut artikel tersebut, orangtua telah melaporkan bukti anekdotal bahwa minyak ikan telah meningkatkan masalah perhatian anak-anak mereka dan membantu anak lebih fokus, bahkan tanpa adanya bukti ilmiah yang kuat tentang efektivitas minyak ikan.

Pasangan Muda Merasa Tak Cukup Bercinta 3 Kali Sehari

Pasangan Muda Merasa Tak Cukup Bercinta 3 Kali Sehari


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Hasil survei terbaru menunjukkan, kehidupan seksual pasangan suami istri sudah bisa dikatakan ideal jika sanggup berhubungan seks 3 kali seminggu. Namun bagi pasangan muda yang baru menikah, 3 kali sehari terkadang dirasa masih kurang.

Fakta ini terungkap dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh lembaga survei terkemuka, Nielsen bekerja sama dengan situs penyedia layanan biro jodoh RSVP. Survei yang dilakukan di Australia itu melibatkan sedikitnya 5.300 pasangan dari berbagai usia.

Dalam survei itu terungkap, 37 persen responden mengatakan frekuensi ideal untuk berhubungan seks adalah 3-6 kali seminggu. Khusus untuk bulan-bulan pertama setelah menikah, 46 persen mengatakan frekuensi idealnya adalah 3 kali sehari atau lebih.

"Kontak fisik dan hubungan seks merupakan elemen penting dalam sebuah hubungan yang sehat. Survei ini membuktikan sebagian besar kaum muda menginginkan hubungan seks sesering mungkin," ungkap John Aitken dari RSVP seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (20/9/2011).

Makin muda usia masing-masing pasangan, kebutuhan akan kontak fisik dan hubungan seksual sekamin meningkat. Responden dari generasi Y (sebutan untuk orang-orang yang lahir di akhir abad ke-20) termasuk yang mengatakan frekuensi ideal untuk berhubungan seks adalah 6 kali seminggu.

Sebagian besar responden juga mengaku puas dengan frekuensi berhubungan seks yang dilakukannya dengan pasangan saat ini. Hanya sekitar 16 persen responden yang mengaku tidak cukup, dalam arti menginginkan hubungan seks yang lebih sering lagi.

Seiring bertambahkan usia, gairah seks umumnya memang mengalami penurunan karena berbagai sebab. Pada perempuan, pemicunya antara lain menopause sedangkan pada laki-laki biasanya komplikasi penyakit kronis yang menyebabkan gangguan fungsi seksual termasuk impotensi.

Anak Laki Tanpa Ayah Lambat Puber Tapi Lebih Cepat Menikah

Anak Laki Tanpa Ayah Lambat Puber Tapi Lebih Cepat Menikah



img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Anak laki-laki yang tumbuh tanpa ayah lebih mungkin mencapai masa pubertas lebih lambat, tapi menjadi ayah lebih cepat. Temuan ini menunjukkan bahwa ketidakhadiran ayah memberikan pengaruh terhadap keputusan reproduksi anak laki-laki.


Peneliti dari London School of Economics menggunakan data dari UK National Child Development Study untuk melihat hubungan antara kehadiran ayah dan masa pubertas anak-anak.


Penelitian ini menemukan bahwa jika sosok ayah tidak hadir dalam kehidupan anak laki-laki selama masa remaja, suara mereka lebih lambat pecahnya dibandingkan dengan anak laki-laki yang memiliki kehadiran ayah. Pecahnya suara berkaitan dengan perkembangan masa puber pada anak laki-laki.


"Sangat mengejutkan untuk melihat bahwa pubertas anak laki-laki dapat tertunda akibat peristiwa yang terjadi pada masa remaja," kata Paula Shephard, peneliti dari London School of Economics and Political Science seperti dikutip dari The Conversation, Selasa (13/9/2011).


Menurut penelitian ini, anak laki-laki tanpa ayah lebih mungkin memiliki anak pada usia 23 tahun. "Temuan ini menunjukkan bahwa ketidakhadiran ayah memberikan pengaruh terhadap keputusan reproduksi laki-laki, bahkan setelah mengendalikan indikator kesulitan pada awal kehidupan," kata Shepard.


Dr Richard Fletcher, kepala program penelitian Fathers and Families di University of Newcastle, mengatakan bahwa meningkatnya peran ibu sebagai orangtua tunggal umumnya menjadi fokus penyelidikan pada perkembangan anak, tetapi penelitian ini menawarkan perspektif baru.


"Mereka mengidentifikasi penjelasan alternatif, bahwa ada sesuatu yang dimiliki seorang ayah dalam keluarga yang mempengaruhi perkembangan anak," kata Dr Fletcher yang tidak terlibat dalam penelitian ini. Ia mengatakan bahwa penelitian ini memiliki implikasi bagi pemerintah dalam merancang kebijakan untuk masalah keluarga.


"Tanggung jawab negara saat ini nampaknya lebih banyak mengarahkan sumber daya kepada ibu yang bercerai, bukan mendukung keluarga untuk tetap bersama. Tapi penelitian ini menunjukkan bahwa mungkin ada manfaatnya jika ayah tetap terlibat dalam keluarga. Dan hal ini tidak boleh kita lupakan," kata Dr Fletcher.

Anak yang Kurang Bermain Banyak Timbulkan Masalah

Anak yang Kurang Bermain Banyak Timbulkan Masalah



img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Bermain adalah salah satu keuntungan menjadi kanak-kanak. Tapi di era di mana orang tua makin khawatir dengan masa depan dan pendidikan anak-anaknya, waktu bermain anak-anak berkurang drastis dibandingkan beberapa puluh tahun lalu.


Kecenderungan ini memiliki berdampak serius bagi perkembangan anak-anak dan kesehatan mentalnya.


"Di tahun 1950-an, anak-anak bebas bermain. Jika anak-anak hanya tinggal di rumah saja, Ibunya akan mengatakan 'pergilah keluar dan bermain'. Tempat alami untuk anak-anak adalah berada di luar," kata Peter Gray, profesor penelitian psikologi di Boston College seperti dikutip dari Healthday, Jumat (23/9/2011).


"Saat ini yang terjadi justru sebaliknya, orang tua tidak mengizinkan anak-anak untuk bebas bermain. Bahkan jika anak-anak tetap melakukannya, tidak ada anak-anak lain di luar sana untuk diajak bermain. Atau ibu mungkin membatasi anak, seperti 'tidak boleh keluar dari halaman'. Padahal, anak-anak ingin bermain ke luar," lanjut Gray.


Ketika anak-anak diizinkan bermain, mereka membuat permainan, menegosiasikan aturan dan memastikan orang lain bermain adil. Semua itu membantunya mengajarkan bagaimana membuat keputusan, memecahkan masalah dan mengontrol diri sendiri.


Anak yang terlalu banyak memiliki ledakan emosional atau keras kepala memaksakan kehendak perlu mengubah perilakunya jika ingin tetap diterima dalam kelompok.


"Dengan permainan bebas, mereka memperoleh kompetensi dasar yang diperlukan untuk menjadi dewasa. Tetapi sejak pertengahan 1950-an, orang-orang dewasa ikut menentukan kegiatan anak-anaknya dengan mengorbankan kesehatan mental anak-anaknya," kata Gray, penulis dua studi yang diterbitkan baru-baru ini dalam American Journal of Play.


Penelitian menunjukkan anak-anak saat ini lebih mungkin mengalami kecemasan, depresi, perasaan tidak berdaya, dan narsisisme. Kesemuanya bertepatan dengan menurunnya aktifitas bermain dan meningkatnya pantauan orang tua dan pengaturan kegiatan anak-anak oleh orang tuanya.


"Untuk anak laki-laki, permainan yang kasar dan seringkali menyebabkan jatuh membantu mengajarkan regulasi emosi," kata Peter LaFreniere, profesor psikologi perkembangan di Universitas Maine.


"Anak laki-laki belajar bahwa jika mereka ingin menjaga temannya, mereka tidak boleh membiarkannya pergi terlalu jauh atau menyakiti anak-anak lainnya. Keterampilan ini akan membantu anak laki-laki tumbuh menjadi pria yang mampu mengontrol agresi dan kemarahannya," katanya.


Meskipun semakin banyak ahli yang menyuarakan pentingnya bermain terhadap kesehatan mental dan fisik anak-anak, namun jumlah waktu bermain anak-anak tetap menurun secara signifikan.


Gray mengutip salah satu survei dengan sampel orang tua yang mewakili nasional yang melacak kegiatan anak-anak pada tahun 1981 dan tahun 1997. Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang berusia 6 sampai 8 tahun pada tahun 1997 bermain 25 persen lebih sedikit dibandingkan anak-anak pada tahun 1981.


Penelitian lain sekitar sepuluh tahun lalu meminta 830 orang ibu AS membandingkan waktu bermain anak-anak mereka dengan waktu bermain mereka sendiri ketika masih anak-anak. Sekitar 70 persen ibu melaporkan bahwa mereka sering bermain di luar ketika masih anak-anak. Namun hanya 31 persen yang mengatakan bahwa anak-anak mereka sendiri juga melakukan hal yang sama.


Jadi apakah yang menyebabkan anak-anak harus tetap di dalam rumah? Menurut survei, alasan terbesarnya adalah karena takut penculikan, diikuti oleh kekhawatiran anak-anak akan tertabrak mobil dan diganggu anak-anak nakal.


"Ketakutan mereka telah menciptakan orangtua yang terlalu protektif dan membesarkan anak-anak yang penakut dan tak mampu mengatasi naik turunnya kehidupan karena tidak punya pengalaman," kata Hara Estroff Marano, penulis buku 'A Nation of Wimps: The High Cost of Invasive Parenting' dari New York.


Suatu survei menemukan bahwa 89 persen anak-anak lebih suka bermain di luar dengan teman-teman daripada menonton TV.


"Orang tua harus ingat bahwa masa kanak-kanak hanya sekali, dan jangan biarkan anak-anak melewatkannya begitu saja. Bercampur dengan anak-anak lain dengan cara yang tak terkendali tak hanya menyenangkan tetapi juga merupakan sebagian dari rencana alam," kata LaFreniere.

Mengunyah Makanan 40 Kali Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Mengunyah Makanan 40 Kali Bisa Bantu Turunkan Berat Badan


img
(Foto: thinkstock)
Harbin, China, Mengunyah makanan hingga lembut selama ini dipercaya dapat memudahkan fungsi pencernaan. Tak hanya itu, ilmuwan juga menyarankan mengunyah makanan sebanyak 40 kali dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengunyah makanan lebih lama secara signifikan dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan.

Peneliti mengatakan orang yang mengunyah makanan 40 kali tiap suap akan mengonsumsi makanan 12 persen lebih sedikit daripada orang yang mengunyah makanan sebanyak 15 kali, seperti dilansir Dailymail, Senin (1/8/2011).

Diperkirakan mengunyah makanan lebih lama dapat mencegah orang makan berlebihan dengan memberikan otak lebih banyak waktu untuk menerima sinyal dari perut yang penuh atau kenyang.

Hal ini juga dapat menurunkan kadar ghrelin, yaitu 'hormon lapar' yang beredar dalam sistem pencernaan.

Dalam penelitian ini, peneliti di Harbin Medical University, China, merekrut 16 pria ramping dan 14 pria obesitas usia belasan tahun akhir dan 20-an tahun, serta dilakukan dua percobaan.

Percobaan pertama, peneliti ingin melihat apakah partisipan pria obesitas mengunyah makanan dengan cara berbeda dibandingkan partisipan pria ramping. Setiap partisipan diberi kue dan difilmkan dengan kamera rahasia untuk menguji berapa kali mereka mengunyah sebelum ditelan.

Hasilnya ditemukan bahwa meskipun pria obesitas mengunyah pada kecepatan yang sama seperti pria ramping, pria obesitas menelan makanan jauh lebih cepat, dengan kata lain hanya mengunyah beberapa kali.

Dalam percobaan kedua, kedua kelompok masing-masing diberi kue dan diminta mengunyah sebanyak 15 kali lalu ditelan. Dan peneliti menemukan bahwa ketika partisipan mengunyah lebih lama mereka mengonsumsi 11,9 persen kalori lebih sedikit, terlepas dari apakah mereka ramping atau obesitas.

Tes darah yang diambil 90 menit setelah makan dengan mengunyah 40 kali juga memperlihatkan partisipan memiliki tingkat ghrelin yang jauh lebih rendah dari ketika mereka mengunyah 15 kali.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Kemampuan Multitasking Diperlukan untuk Pekerjaan Ini

Kemampuan Multitasking Diperlukan untuk Pekerjaan Ini



img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Melakukan lebih dari 1 tugas dalam waktu yang bersamaan (multitasking) kadang bisa merugikan otak. Tapi pekerjaan tertentu mengharuskan seseorang melakukan multitasking. Pekerjaan apa saja itu?


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa multitasking bisa berakibat buruk bagi otak. Hal ini karena otak tidak bisa berjalan dengan baik ketika mengerjakan tugas-tugas ganda yang kompleks. Kondisi ini membuat salah satu kegiatan harus terganggu atau menjadi tidak efektif.


Salah satu aspek penting dari pekerjaan multitasking adalah sebagian besar tugas-tugasnya saling terkait sehingga ada kemiripan pola dalam mengerjakannya yang membuat seseorang lebih mudah melakukannya.


Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang mengharuskan seseorang bisa melakukannya dengan cara multitasking, seperti dikutip dari Askmen dan Lovetoknow, Jumat (19/8/2011) yaitu:


Sekretaris
Pekerjaan ini merupakan multitasker kelas dunia, karena ia melakukan banyak tugas pada waktu yang sama seperti menjawab telepon, bertemu dengan tamu, menanggapi email, menjadwal pertemuan, membuat laporan, mengatur perjalanan dan tugas lain.


Customer service
Pekerjaan ini mengharuskan seseorang menjawab telepon sambil memasukkan datanya ke dalam sistem komputer, seperti cek harga, verifikasi biaya pengiriman, pajak dan rincian lain yang diperlukan.


Perawat
Tugas yang ada berpusat pada perawatan pasien serta melibatkan pencatatan yang akurat dan konstan, seperti memeriksa tanda vital, mencatat gejala pasien, pemberian obat serta dukungan emosional untuk pasien dan keluarga.


Resepsionis
Pekerjaan resepsionis dari luar tampak mudah, padahal pekerjaan ini sangat multitasking seperti halnya sekretaris. Komunikasi merupakan tantangan terbesar bagi resepsionis setiap harinya dan berurusan dengan berbagai pengunjung serta kebutuhan kerja. Pekerjaan ini bisa membuat orang sangat stres terutama pada hari libur.


Operator telepon
Pekerjaan ini mengharuskan seseorang melakukan beberapa tugas sekaligus seperti menerima telepon dan mengetik data yang didapatkan dari si penelepon. Koordinasi antara otak dan tangan sangat berperan dalam pekerjaan ini.


Pekerjaan lainnya
Pekerjaan lain yang membutuhkan keterampilan multitasking diantaranya teller bank, bartender, koki, supervisor, pemimpin tim atau manajer proyek, programer komputer, pengontrol lalu lintas dan petugas HRD.

Gemuk Tapi Sehat Lebih Baik Daripada Harus Diet Mati-matian

Gemuk Tapi Sehat Lebih Baik Daripada Harus Diet Mati-matian


img
foto: Thinkstock
Jakarta, Kelebihan berat badan sering dikaitkan dengan faktor risiko berbagai penyakit, sehingga banyak yang berusaha keras untuk kurus. Meski gemuk tidak sehat, mati-matian menurunkan berat-badan juga tidak lebih sehat dan malah lebih berbahaya.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, 1 dari 3 pengidap obesitas tidak memiliki gangguan kesehatan yang berarti. Meski tidak berarti bahwa gemuk itu sehat, namun hal ini menunjukkan bahwa tubuh gemuk tidak selalu harus secepatnya dikuruskan.

Ketika seseorang penderita obesitas menyadari dirinya punya risiko penyakit, orang tersebut biasanya akan banyak melakukan modifikasi atau perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Di antaranya adalah olahraga teratur, makan makanan bergizi seimbang.

Perubahan ini sedikit banyak akan membuat berat badan lebih stabil, dalam arti tidak bertambah gemuk sehingga dapat mengurangi faktor risiko. Bagi sebagian orang gemuk, pencapaian ini sudah sangat bagus meski tidak menjadikan tubuhnya lebih kurus.

Namun pada beberapa orang yang lebih memikirkan penampilan daripada risiko kesehatan, hal pertama yang dilakukan ketika menyadari dirinya punya kelebihan berat badan adalah menyusun program diet superketat. Diet seperti ini cenderung tidak sehat dan kadang-kadang tidak berhasil.

Secara umum, penelitian yang dimuat dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism ini menunjukkan bahwa orang gemuk cenderung lebih sehat ketika mampu menjaga berat badan tidak tambah gemuk. Sementara yang berusaha menurunkan berat badannya, kesehatannya justru lebih buruk.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di York University ini melibatkan sedikitnya 6.000 orang gemuk yang dikategorikan obesitas. Dikutip dari Dailymail, Selasa (16/8/2011), gaya hidup para partisipan diamati selama 16 tahun, lalu dibandingkan kesehatannya dengan orang-orang dengan berat badan normal.