Pekerja Kantor Disarankan Keluar Meja Tiap 20 Menit

Sebagian besar pekerja kantoran menghabiskan waktunya dengan duduk di belakang meja. Untuk itu disarankan pekerja kantor berjalan-jalan sebentar setiap 20 menit untuk menormalkan kadar gula darah dan otot.


Para ilmuwan dari Australia mengungkapkan bahwa pekerja kantoran sebaiknya meninggalkan mejanya sebentar setiap 20 menit untuk mengambil waktu istirahat dan berjalan-jalan agar membantu menurunkan kadar glukosa dan insulin setelah makan.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care menjelaskan bahwa kadar glukosa tinggi dan lonjakan insulin yang terjadi setelah makan terkait dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan diabetes.

"Ketika duduk, maka otot berada dalam keadaan diam tidak digunakan dan tidak berkontraksi yang bisa membantu tubuh mengatur berbagai proses metabolisme dalam tubuh," ujar pemimpin studi Profesor David Dunstan dari Baker IDI Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia, seperti dikutip dari Dailymail.

Setelah makan, kadar glukosa dalam darah naik dan diikuti dengan peningkatan insulin yang membantu sel menggunakan gula darah untuk menghasilkan energi dan menyimpannya, kemudian kadar dalam darahnya mulai turun. Tapi pada penderita diabetes tipe 2, proses ini terganggu dan kadar insulin serta gula darah tetap tinggi.

Dalam studi ini ilmuwan meneliti 19 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan tidak banyak berolahraga. Peserta diminta datang ke laboratorium dan duduk selama 7 jam dengan diukur gula darah serta tingkat insulinnya setiap jam.

Secara keseluruhan, bangun dari tempat duduk dan melakukan aktivitas ringan setiap 20 menit akan mengurangi total kenaikan glukosa rata-rata sebesar 24 persen dibanding orang yang terus duduk, hasil yang sama untuk insulin. Serta membantu melemaskan otot dan mengurangi tekanan yang diberikan.

Istirahat yang dilakukan setiap 20 menit sekali ini tidak perlu yang terlalu berat, bahkan hanya berjalan di sekitar ruangan atau sekadar mengambil minum di pantry bisa memberikan manfaat.

Dalam studi sebelumnya sudah diketahui bahwa orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk cenderung menjadi lebih gemuk dan ada penumpukan lemak di perut yang berisiko mengalami serangan jantung hingga kematian.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »