Sukses Lewati Hari Pertama Kerja di Kantor Baru


Komunikasi dengan teman di kantor baru (Foto: Corbis)
Komunikasi dengan teman di kantor baru (Foto: Corbis)
APAKAH Anda dilanda kegugupan saat melewati hari pertama di kantor baru? Simak triknya ini, yuk!

Hari pertama biasanya selalu diwarnai dengan rasa canggung, tidak percaya diri, dan cenderung pasif. Maklumlah, hari pertama biasanya dijadikan para pekerja menjadi masa transisi untuk memelajari ritme di kantor tersebut. Namun ketimbang canggung melewatkan hari yang terlihat panjang itu, lakukan saja beberapa hal berikut agar hari pertama bekerja di tempat baru dapat dilewati dengan nyaman dan lancar. Berikut yang diulasIdiva.

Jangan bersikap pasif
Untuk membuat Anda maju di tempat baru tersebut, bersikaplah profesional meskipun Anda adalah pendatang baru. Jika Anda tidak bisa merangkul hubungan sosial dengan semua pekerja dengan mudah, cobalah membangun perkenalan satu demi satu dari semua karyawan yang ada. Ketika kehangatan mulai tercipta, maka Anda pun akan lebih mudah untuk bersosialisasi dengan semuanya.

Berhati-hati saat mendengar gosip
Sebagai karyawan baru, Anda harus berhati-hati dengan reaksi yang diberikan ketika mendengar gosip tersebut. Jika mungkin, menghindari situasi di mana rekan-rekan mengeluh tentang bos atau kehidupan percintaan sesama rekan kerja, maka lakukanlah. Pamitlah dengan sopan untuk menarik diri dari hal tersebut sehingga membuat kondisi tetap nyaman.  Jangan pernah berkontribusi dengan cara apapun. Ingat, Anda terlalu baru untuk memahami dinamika kantor yang baru Anda masuki tersebut.

Jangan dulu naksir “partner” kerja
Kebanyakan pekerja yang baru bergabung di kantor baru sering terlibat dengan permasalahan ini. Jika Anda ingin serius mengukir karier secara profesional, maka enyahkan sementara keinginan tersebut karena hanya akan merusak citra Anda. Sebagai karyawan baru, sebaiknya jangan mengejar atau naksir siapapun sampai Anda masuk dalam situasi profesional secara tenang beberapa waktu ke depan.

Nikmati pekerjaan baru Anda
Transisi memang tak semudah yang dibayangkan. Jadi, nikmatilah pekerjaan baru yang Anda duduki tersebut. Memang sangat sulit untuk keluar dari zona nyaman di kantor sebelumnya. Namun seiring dengan waktu, pada akhirnya kantor baru pun menjadi rujukan terbaik untuk menciptakan prestasi membanggakan. Kuncinya, Anda hanya membutuhkan waktu untuk merasakan itu semua

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »