Kisah Nabi Saleh lengkap

Para sesepuh dan pembesar kaum Nabi Saleh sangat terkejut dengan apa yang dikatakan oleh nabi Saleh. Nabi Saleh berkata bahwa tuhan sembahan mereka tidak berarti. Nabi Saleh melarang kaumnya untuk menyembah berhala dan memerintahkan kaumnya untuk menyembah hanya kepada Allah SWT.

Dakwah Nabi Saleh sangat menggoncangkan kaumnya. Nabi Saleh pun terkenal dengan keluhuran budi pekerti, kejujuran serta kebaikannya. Kaum Nabi Saleh sangat menghormati beliau sebelum Allah SWT mengutus Nabi Saleh dan memberikan wahyu padanya agar berdakwah kepada kaumnya. 

Kaum Nabi Saleh pun berkata:
"Hai Saleh, sesungguhnya kamu sebelum ini adalah seorang di antara kami yang kami harapkan, apakah kamu melarang kami untuk menyembah apa yang disembah oleh bapak-bapak kami? Dan sesung­guhnya kami betul-betul dalam keraguan yang mengelisahkan terhadap agama yang kamu serukan kepada kami. " (QS. Hud: 62)

Kemudian dari kaum Nabi Saleh berkata: 
"Sesungguhnya engkau sangat kami harapkan karena keluasan akan ilmumu, kematangan akalmu, kejujuranmu dan kebaikanmu. Akan tetapi hilanglah harapan kami terhadapmu. Apakah engkau akan melarang kami untuk menyembah apa yang disembah oleh kakek-kakek kami. Alangkah celakanya! Kami tidak berharap engkau mencela tuhan-tuhan kami yang kami mendapati orang tua-orang tua kami juga menyembahnya."

Kaum Nabi Saleh merasa bingung di hadapankan akan kebenaran, serta mereka juga heran terhadap saudara mereka yaitu Nabi Saleh. Yang berusaha untuk mengajak mereka agar hanya menyembah Allah SWT. 

Mereka hanya beralasan bahwa kakek-kakek mereka menyembah tuhan-tuhan ini tanpa memiliki alasan serta pemikian yang benar. Nabi Saleh datang untuk dakwah tauhid yang menyuarakan kebebasan akal dan segala bentuk kebebasan lainnya. Akidah tauhid disebarkan sebagai dakwah untuk membebaskan pikiran dari segala belenggu, yaitu suatu dakwah yang membebaskan akal manusia dari belenggu taklid, khurafat orang-orang terdahulu.



Meskipun dakwah Nabi Saleh disampaikan dengan penuh ketulusan, namun kaumnya tidak pernah mempercayainya. Mereka sangat meragukan dakwahnya. Kaum Nabi Saleh mengira bahwa Nabi Saleh terkena sihir. Kemudian mereka meminta kepada Nabi Saleh agar ia mendatangkan mukjizat yang bisa memberikan bukti bahwa Nabi Saleh memang utusan Allah SWT. 

Baca Kisah Nabi Saleh selengkapnya disini

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »