6 Lelaki Impian Siap Bantu Perempuan Muda Periksa Payudara




img 
foto: Thinkstock
Jakarta, Kanker payudara kadang terlambat terdiagnosis karena para perempuan lupa atau memang jarang melakukan pemeriksaan rutin. Untuk membantu mengingat-ingat jadwal pemeriksaan, para perempuan yang sibuk bisa minta tolong pada 6 lelaki impian.

Sesuai namanya, 6 lelaki impian ini tidak pernah ada dalam dunia nyata. Sosoknya hanya bisa ditemui dalam ponsel cerdas atau smartphone, sebab para lelaki ini hanya bagian dari aplikasi Your Man Reminder yang dirilis oleh organisasi peduli kanker payudara, Rethink Breast Cancer.

Begitu aplikasi yang ditujukan bagi para perempuan muda ini di-install, para lelaki akan muncul di layar ponsel sesuai jadwal yang bisa diatur. Kemunculannya hanyalah untuk mengingatkan sekaligus memotivasi pemilik untuk melakukan pemeriksaan payudara.

"Perempuan muda kadang terlalu sibuk dan kadang membutuhkan pengingat agar tidak lupa untuk sering-sering memeriksa payudaranya," ungkap MJ DeCoteau, direktur eksekutif Rethink Breast Cancer seperti dikutip dari Marketwatch, Jumat (23/9/2011).

Peluncuran aplikasi ini sengaja dilakukan bertepatan dengan bulan peduli kanker payudara, yang diperingati bulan ini di seluruh Amerika Serikat. Bukan hanya tahun ini, Rethink Breast Cancer juga sudah mengkampanyekan pemeriksaa payudara secara rutin sejak 2006.

Pemeriksaan kanker payudara memang tidak harus selalu dilakukan dengan mamogram di rumah sakit, tetapi bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya dengan meraba, lalu mencermati setiap benjolan dan kelainan baik pada bentuk maupun tekstur kulit payudara.

Prosedur pemeriksaan yang disingkat dengan TLC (Touch, Look, and Check) ini merupakan salah satu bentuk deteksi dini kanker payudara. Apabila ditemukan ada benjolan atau kelainan pada payudara, maka pemeriksaan selanjutnya bisa dilakukan dengan mamogram.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »