Butuh 3 Bulan untuk Hilangkan Kelebihan Kalori Saat Natal

img
(Foto: Thinkstock)

Saat Natal biasanya dipenuhi dengan berbagai jenis makanan yang mengandung banyak kalori dan bisa menambah berat badan. Ternyata butuh waktu 3 bulan untuk menurunkan berat badan kembali normal.

Sebuah penelitian menemukan rata-rata orang mengonsumsi 2-3 porsi makan malam saat Natal atau setara dengan 2.300 kalori. Hal ini berarti 115 persen lebih banyak dari asupan harian yang direkomendasikan untuk perempuan dan 92 persen untuk laki-laki.

Survei yang didapatkan sekitar tiga perempat partisipan yang ditanyai mengaku bahwa dirinya sangat memanjakan diri saat Natal dan tidak memikirkan konsekuensi dari makanan yang dikonsumsinya.

Hasil studi menemukan makanan yang dikonsumsi saat Natal seperti kalkun, pie, puding dan makanan lain dengan kalori tinggi membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk mengeluarkannya dari dalam tubuh.

"Kunci utama untuk mengurangi jumlah berat badan yang bertambah adalah menghindari makan dengan rakus, tapi diet gila-gilaan setelahnya juga tidak baik karena bisa membuat orang tidak mendapatkan berat badan yang sehat," ujar ahli gizi Dora Walsh, seperti dikutip dari Mirror.co.uk.

Walsh menuturkan seseorang bisa mencegah bertambahnya berat badan berlebih dengan cara makan secara perlahan dan menikmati setiap makanan yang dikonsumsi, serta tetap aktif selama Natal untuk membantu membakar kalori yang masuk.

"Rencana diet yang dilakukan setelah Natal harus masuk akal dan seimbang, karena terlalu cepat menurunkan berat badan tidak akan membuat seseorang bisa mempertahankan berat badan idealnya," ujarnya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh, yaitu:

  1. Jika mengonsumsi 100 gram puding biasanya mengandung 329 kalori, maka bisa dihilangkan dengan berlari selama 30 menit karena membakar 450 kalori
  2. Jika mengonsumsi 1 porsi (90 gram) kalkun panggang, maka bisa dihilangkan dengan bersepeda selama 40 menit dengan kecepatan sedang karena membakar 180 kalori
  3. Jika mengonsumsi 2 sosis biasanya mengandung 108 kalori, maka bisa dihilangkan dengan melakukan pekerjaan rumah tangga selama 35 menit karena membakar sekitar 110 kalori
  4. Jika mengonsumsi 1 pie manis biasanya mengandung 215 kalori, maka bisa dihilangkan dengan melakukan jogging selama 15 menit karena membakar 220 kalori.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »