Ini Dia Sang Penerus Warren Buffet


Warren Buffet (Foto: Reuters)

Orang terkaya ketiga dunia, Warren Buffet sudah menunjuk pewarisnya. Jika nantinya Buffet meninggal dunia, ia ingin anaknya yang kini menjadi petani mewarisi kerajaan bisnisnya, Berkshire Hathaway.

Dalam wawancara di program '60 Minutes' yang ditayangkan Minggu (11/12/2011), Buffet mengumumkan dia telah memilih putra tertuanya, Howard W. Buffet sebagai pewarisnya.

Namun anak tertua Buffet yang bisa dipanggil 'Howie' ini hanya akan ditugaskan menjadi 'penjaga' dari nilai-nilai perusahaan ketimbang sebagai CEO, sepanjang dewan perusahaan menyetujui. Saat Buffet meninggal, Howard yang kini berusia 56 tahun akan menjadi 'non-executive chairman', sebuah posisi yang tidak digaji.

Howie tidak akan memberikan strateginya langsung pada perusahaan investasi bernilai miliaran dolar AS itu. Ia akan tetap menjalankan pekerjaannya sebagai petani jagung dan kedelai.

"Anda khawatir seseorang akan bertanggung jawab di Berkshire yang akan menggunakannya sebagai 'kotak pasirnya' sendiri dalam beberapa cara," jelas Buffet dalam wawancara yang dipandu Leslie Stahl itu seperti dikutip dari Forbes.

"Itu mengubah jalan dari keputusan yang dibuat sebagai referensi pemegang saham. Kemungkinan hal itu terjadi sangat, sangat, sangat rendah, tapi memiliki Howie disana menambah satu lapisan ekstra pelindung," tambahnya.

Terkait penunjukannya itu, Howie mengatakan dirinya berpikir dia akan dipanggil untuk mengambil alih dalam waktu dekat. "Dia tidak akan pergi sampai dia dikubur," ujar Howie tentang ayahnya yang masih sangat sehat di usianya ke-81 itu.

Howie saat ini tercatat mengelola ladang jagung dan kedelai di Illinois dan juga menjadi Dewan Direksi di Berkshire, Coca-Cola dan perusahaan peralatan pertanian Lindsay. Ia juga bekerja sebagai duta World Food Program. Howie mengaku tidak masalah dengan rencana ayahnya tersebut.

"Selama saya masih bisa mengelola pertanian, saya oke," ujarnya kepada CBS.

Asisten Warren Buffet, Debbie Bosanek mengatakan, sebagai non-executive chairman, Howie Buffet akan mengambil alih sekitar sepertiga dari peran ayahnya di Berkshire Hathaway.

"Peranan kunci adalah CEO dan itu akan diputuskan oleh Dewan Direksi," jelas Debbie.

Warren Buffet, pria berusia 81 tahun saat ini berada di peringkat ke-2 dalam daftar orang terkaya AS versi majalah Forbes. Namun untuk ukuran dunia, Buffet yang kekayaannya mencapai US$ 524,946 miliar itu berada di peringkat ke-3. Buffet juga berada di jajaran 20 orang paling berpengaruh di dunia.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »