Transaksi Pembelian Properti Paling 'Wah' Selama 2011


Albemarle, Charlottesville (Foto: Forbes)

Sejumlah transaksi pembelian properti di tahun 2011 cukup menghebohkan. Diantaranya adalah pembelian properti hingga ratusan miliar oleh 2 putri milyuner yakni Ekaterina Rybolovleva dan Petra Ecclestone.

Dua mansion mewah yang dibeli oleh 2 putri milyuner kaya raya itu juga tidak akan ditinggali secara terus menerus. Mereka hanya berniat mengunjunginya sesekali ketika sedang berada di Amerika Serikat (AS).

Beberapa properti mewah juga merupakan barang sitaan karena sang pemilik gagal bayar utang. Sebagian besar pembeli memang membeli untuk melengkapi koleksinya, namun ada juga beberapa yang membelinya karena meyakini harga properti mewah itu masih akan terus menanjak dalam beberapa tahun mendatang.

Berikut beberapa transaksi pembelian properti paling mahal yang terjadi sepanjang tahun 2011, seperti dikutip dari Forbes :

1. The Weill Penthouse, 15 Central Park West, New York, NY 
Putri milyuner Rusia, Dmitriy Rybolovlev yang baru berusia 22 tahun, Ekaterina Rybolovleva membeli sebuah apartemen mewah di 15 Central Park West senilai US$ 88 juta atau sekitar Rp 800 miliar.

Apartemen seluas 6.744 kaki persegi itu terjual 6 pekan setelah pengumuman penjualan. Pembelian apartemen mewah itu mengalahkan transaksi terbesar sebelumnya yang dipegang oleh Sanford Weill, mantan chairman Citigroup.

"Penjualan ini merupakan sebuah penyimpangan. Transaksi ini bernilai US$ 13.000 per kaki persegi, sebuah rekor tertinggi untuk apapun yang pernah terjadi," ujar Jonathan Miller, chief executive Miller Samuel, perusahaan penilai real estate yang berbasis di New York.

2. Palo Alto Loire Chateau, Los Altos Hills, CA
Milyuner Rusia, Yuri Milner membeli mansion di Silicon Valley senilai US$ 100 juta atau sekitar Rp 900 miliar. Mansion seluas 25.500 kaki persegi yang disebut Palo Alto Loire Chateau itu dibeli Milner pada Maret lalu.

3. Pine Brook, Atherton, CA
Properti Levi Strauss seluas 2.050 kaki persegi di dekat Atherton itu terjual pada seorang pembeli yang tidak diketahui namanya senilai US$ 53 juta atau sekitar Rp 477 miliar pada September.

4. The Spelling Manor, Los Angeles, CA
Tee Spelling Manor, rumah termahal di AS dibeli oleh Petra Ecclestone seharga US$ 85 juta atau sekitar Rp 765 miliar. Rumah seluas 56.500 kaki persegi itu ditawarkan 3 tahun silam pada harga US$ 150 juta atau sekitar Rp 1,35 triliun.

Petra yang merupakan putri dari terjual kepada putri salah satu pendiri balapan F1, Bernie Ecclestone tidak berniat mendiami rumah mahal tersebut secara terus menerus. Ia berniat bolak balik antara London dan AS.

5. Star Island Estate, Miami
Milyuner Rusia, Roustam Tariko membeli Star Island estate senilai US$ 25,5 juta atau sekitar Rp 300 miliar, atau merupakan pembelian termahal di Miami sejak tahun 2006.

6. Porcupine Creek, Rancho Mirage, CA
Larry Ellison, salah satu orang terkaya AS itu membeli Porcupine Cree di Rancho Mirage, California senilai US$ 42,9 juta atau sekitar Rp 386 miliar. Harga pembelian itu 'hanya' 43% dari harga penawaran yang mencapai US$ 75 juta.

7. Sloane Mansion, New York, NY
Milyuner Alexander Rovt membeli Sloane Mansion di New York City, hanya satu jam setelah lelang senilai US$ 33 juta atau sekitar Rp 297 miliar. Harga itu hanya sekitar 48% dari harga permintaan senilai US$ 64 juta.

8. Albemarle, Charlottesville, VA
Rumah itu dulunya dimiliki oleh salah satu orang terkaya di dunia, John Kluge sebelum akhirnya disita karena gagal bayar utang senilai US$ 23 juta. Kreditor mereka, Bank of America 'membeli' rumah mewah itu lelang penyitaan pada harga diskon 85% dari harga permintaan pada tahun 2009.

9. Condo at The Plaza, New York, NY
Milyuner kaya Rusia, Igor Krutor dan istrinya Olga membeli apartemen seluas 6.000 kaki persegi itu senilai hampir US$ 50 juta atau sekitar Rp 450 miliar. Ini adalah salah satu penjualan kondi paling mahal di 'Big Apple'.

10. Forbes Penthouse, One Hyde Park, London, Inggris
Penthouse seluas 25.000 kaki persegi itu terjual kepada orang terkaya Ukraina, Rinat Akhmetov senilai US$ 221 juta atau sekitar Rp 2 triliun.

11. Tyndal Point, North Haven, NY
Investor kaya raya, Jeff Greene membelinya rumah dan tanah seluas 55 hektar itu senilai US$ 36 juta atau sekitar Rp 324 miliar. Milyuner kaya itu akan menggunakannya sebagai rumah kedua di musim panas.

12. Vanderbilt Mansion, New York, NY
Ahli waris perempuan Johnson & Johnson, Libet Johnson membeli bagian atas timur dari townhouse itu dari pemiliknya Sloan Lindemann Barnet. Tidak diketahui nilai pembeliannya, namun harga jualnya adalah US$ 48 juta.

13. Le Reve, Cumming, GA
Harga jual properti awalnya adalah US$ 45 juta, namun akhirnya terjual pada harga US$ 9,5 juta atau diskon 80% pada bulan Juli.

14. Crantzdorf Castle, Johnson City, TN
Ruma pegunungan seluas 20.000 kaki persegi itu semula dipatok pada harga US$ 28,5 juta meski kemudian 'hanya' terjual pada harga US$ 3,36 juta pada Agustus. Ruma itu terjual pada harga diskon sekitar 88% setelah ditawarkan sejak tahun 2008.

15. St. Regis Penthouse, San Francisco, CA
Harga awalnya adalah US$ 70 juta, namun apartemen paling mahal ini akhirnya terjual pada harga US$ 28 juta atau sekitar Rp 252 miliar. Apartemen ini merupakan 'barang sitaan' dari Bank of America.

16. The Setai Penthouse, Miami Beach, FL
Ditawarkan pada harga US$ 27 juta, kondo tersebut akhirnya terjual pada harga US$ 21,5 juta atau sekitar Rp 194 miliar dan merupakan pembelian terbesar di Miami. Apartemen bernuansa Thai milik pendiri Netscape, Jim Clarke ini merupakan satu diantara 4 penjualan properti yang nilainya di atas US$ 20 juta di Miami-Dade.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »