Tak Bisa Lepas dari Ponsel Tanda Gangguan Mental OCD


img
(Foto: thinkstock)

Menggunakan ponsel memang sudah menjadi kebutuhan banyak orang terlebih di zaman modern sekarang ini. Namun orang yang tidak bisa lepas dari ponsel meski saat mengemudi sekalipun bisa dikatakan mengalami gejala gangguan mental tipe OCD.

Menurut studi, orang yang memiliki kebutuhan konstan untuk selalu memegang ponsel di saat apapun bahkan saat mengemudi, menandakan bahwa dirinya memiliki peningkatan kecemasan, yang merupakan salah satu gejala gangguan mental.

Ilmuwan dari University of Arkansas percaya bahwa orang yang menggunakan ponsel di jalan bahkan saat mengemudi menderita gangguan obsesif kompulsif (Obsessive Compulsive Disorder/OCD), bukan lagi sekedar kecanduan ponsel, seperti dilansir GeniusBeauty.

Dalam studi yang dilakukan, para ahli dari Sam M. Valton College of Business mempelajari perilaku dari 451 relawan. Peneliti akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa keinginan untuk menggunakan ponsel setiap saat ini disebabkan oleh respons terhadap tingginya tingkat stres dan kecemasan.

Dalam kasus gangguan obsesif-kompulsif (OCD), pasien menderita pikiran ketakutan obsesif yang disebut obsesi. Orang akan mencoba menyingkirkan kecemasan yang disebabkan oleh pikiran-pikiran tersebut dengan cara melakukan tindakan menonjol dan melelahkan, yang dikenal sebagai kompulsif atau dorongan.

Ciri orang yang mengalami OCD adalah selalu mengulang-ulang atau mengecek berkali-kali untuk meyakini dirinya sendiri bahwa yang dilakukannya sudah benar. OCD adalah gangguan mental yang menimbulkan kecemasan bagi orang yang menderitanya.

Penyebab OCD ini hingga kini belum diketahui pasti, tapi pemicunya bisa karena stres atau mengalami tekanan berat.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »