Darah Rendah dan Kehilangan Keseimbangan



Pertanyaan :
Selamat pagi dokter, terima kasih sebelumnya. Saya hendak bertanya, karena akhir-akhir ini saya suka merasa seperti kehilangan keseimbangan. Pernah satu kali saya berada di pusat belanja, saya tidak merasa pusing tetapi tidak dapat berjalan lurus bahkan hampir menabrak rak makanan. Saya memang memiliki darah rendah, tapi biasanya kalau darah rendah itu hanya pusing saja dan tidak pernah seperti ini. Apa kiranya sakit yang saya alami ini ya dok? Adakah makanan yang harus dimakan untuk memperbaiki kondisi saya? Sebaiknya saya ke dokter ahli apa? Terima kasih
Paulina, 28 tahun - Mampang Raya

Jawaban :
Hi bu Paulina, semoga ibu sehat selalu dan sedang tidak hilang keseimbangan saat membaca ini. Gejala seperti yang ibu alami secara medis dikenal sebagai vertigo. Istilah vertigo berkaitan dengan sensasi rasa gerak tubuh atau lingkungan sekitar yang dapat disertai dengan gejala gangguan keseimbangan tubuh.
Selain itu Vertigo dapat pula dirasakan seperti pusing berputar, pening serta sempoyongan dengan perasaan melayang atau bahkan merasakan dunia di sekelilingnya seperti sedang berjungkir balik.
Vertigo disebabkan oleh gangguan pada alat keseimbangan di kedua sisi tubuh yang berada di daerah telinga, maupun dapat disebabkan pula oleh adanya ketegangan mental dan psikologis, serta ikut dipengaruhi oleh dunia luar yang bergerak, penglihatan dan susunan saraf autonom.
Terdapat berbagai jenis vertigo dimana setiap jenis vertigo memiliki segi yang khas dan dapat diketahui melalui pemeriksaan. Salah satunya, vertigo dapat dijadikan sebagai indikator kemungkinan gejala stroke. Sehingga untuk dapat mengetahui gejala vertigo lebih dalam dapat pula dilakukan pemeriksaan penunjang radiologi seperti pemindaian otak melalui CT-Scan / MRI.
Untuk vertigo karena indikasi stroke dan hipertensi salah satu anjuran dasar konsumsinya adalah dengan mengurangi takaran garam dalam asupan makanan. Dalam hal ini, sebaiknya ibu melakukan konsultasi serta pemeriksaan lebih lanjut dengan Spesialis saraf. Sehingga dapat diketahui secara spesifik geja serta jenis vertigo yang Ibu alami. Demikian semoga bermanfaat ya bu, terima kasih, salam. (YV)
dr Yovita M, Msc, SpPD

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »