Main Tetris Bagus untuk Otak



img
(Foto : Plasticbamboo)
Kabar gembira bagi Anda yang senang main tetris. Studi terkini melaporkan bahwa permainan tetris bisa meningkatkan kemampuan otak dan membuat seseorang berpikir lebih efisien.

Peneliti dari Meksiko menyimpulkan hal tersebut setelah melihat hasil tes MRI dari 26 orang dewasa disana. Sebelumnya, partisipan diminta memainkan permainan tetris satu jam setiap harinya selama tiga bulan berturut-turut.

Dari hasil MRI diketahui bahwa bermain tetris ternyata meningkatkan kemampuan efisiensi pada bagian otak yang berhubungan dengan pemikiran kritis, kemampuan memberi alasan, bahasa dan memproses informasi.

Bagian korteks otak yang berhubungan dengan sistem yang kompleks, koordinasi gerakan dan penggabungan sensori seperti penglihatan, suara dan sentuhan pun terlihat meningkat berdasarkan hasil scan tersebut.

"Mereka yang bermain tetris memiliki korteks yang lebih tebal dan peningkatan kemampuan otak yang lebih tajam dibanding mereka yang tidak bermain tetris. Kami sangat gembira mengetahui fakta ini," ujar Richard Haier, seorang psikolog dari Mind Research Network, Albuquerque seperti dikutip Healthday, Kamis (3/9/2009).

Namun studi yang dimuat dalam Journal BMC Research Notes itu belum bisa menjelaskan hubungan antara korteks yang tebal dengan peningkatan kemampuan efisiensi otak.

Ke depannya, para peneliti berharap akan ada penelitian lagi yang mengungkapkan pengaruh tetris atau permainan lainnya yang mempengaruhi fungsi otak bagian lainnya yang berhubungan dengan ingatan.

Permainan tetris sudah ada sejak 25 tahun yang lalu. Permainan itu memang cukup sederhana, namun efeknya ternyata lumayan besar untuk kesehatan otak. Jadi mulai sekarang sering-seringlah bermain tetris jika ingin memiliki otak yang bagus.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »