Waspadai Gangguan Leher yang Meningkat Akibat Ponsel



img
(Foto: thinkstock)
Selama ini teknologi kerap dikaitkan dengan gangguan mata. Tapi kini teknologi seperti smartphone atau tablet bisa menyebabkan gangguan leher yang disebut dengan 'text neck'.

Kondisi ini marak dijumpai akibatnya semakin banyaknya waktu yang dihabiskan orang untuk menundukkan kepala saat menggunakan ponsel, layar komputer atau tablet. Gangguan ini disebabkan oleh peregangan leher dalam jangka waktu lama yang dapat memicu terjadinya kerusakan radang sendi permanen jika tidak diobati.

Para ahli menuturkan semakin populernya penggunaan smartphone serta tablet membuat kasus cedera akibat regangan semakin meningkat. Dalam kondisi yang parah, otot-otot ini nantinya dapat tertekuk sehingga menyakitkan jika akan diluruskan ke posisi yang benar.

Hal ini karena sendi dan jaringan yang ada di leher tidak dibangun untuk mampu menahan posisi tertekuk dalam jangka waktu lama, karenanya ia akan menimbulkan nyeri jika terlalu banyak tekanan. Kondisi ini juga bisa menyebar hingga sakit kepala, nyeri bahu, lengan dan pergelangan tangan.

"Bayangkan jika Anda duduk dengan kaki disilang dalam jangka waktu lama, maka akan terasa kaku dan sakit saat kembali ke posisi normal. Itu juga yang terjadi di leher," ujar Rachael Lancaster, chiropractor dari Freedom Back Clinics di Leeds, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (7/10/2011).

Jika seseorang terus menerus melakukan hal itu, maka tubuh secara bertahap akan beradaptasi dengan tekanan tersebut sehingga menyebabkann bertambah parahnya kerusakan yang mungkin tidak akan disadari.

Rachael menambahkan posisi kepala dan leher yang salah dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kelengkungan alami dari leher yang sulit dikembalikan sehingga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Sementara itu, Tim Hutchful dari British Chiropractic Association menuturkan anak-anak lebih berisiko mengalami gangguan karena berat kepalanya lebih besar dibanding tubuhnya. Ketika kepala ditundukkan ke depan maka semakin banyak otot yang dipakai.

Meski begitu, kondisi ini dapat dihindari dengan mengambil istirahat setiap 10 menit, duduk tegak lurus ke depan dengan memegang ponsel atau tablet sedikit lebih tinggi sehingga posisi sejajar mata, olahraga secara teratur serta tidak mengabaikan nyeri yang timbul.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »