Kemampuan Multitasking Diperlukan untuk Pekerjaan Ini




img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Melakukan lebih dari 1 tugas dalam waktu yang bersamaan (multitasking) kadang bisa merugikan otak. Tapi pekerjaan tertentu mengharuskan seseorang melakukan multitasking. Pekerjaan apa saja itu?


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa multitasking bisa berakibat buruk bagi otak. Hal ini karena otak tidak bisa berjalan dengan baik ketika mengerjakan tugas-tugas ganda yang kompleks. Kondisi ini membuat salah satu kegiatan harus terganggu atau menjadi tidak efektif.


Salah satu aspek penting dari pekerjaan multitasking adalah sebagian besar tugas-tugasnya saling terkait sehingga ada kemiripan pola dalam mengerjakannya yang membuat seseorang lebih mudah melakukannya.


Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang mengharuskan seseorang bisa melakukannya dengan cara multitasking, seperti dikutip dari Askmen dan Lovetoknow, Jumat (19/8/2011) yaitu:


Sekretaris
Pekerjaan ini merupakan multitasker kelas dunia, karena ia melakukan banyak tugas pada waktu yang sama seperti menjawab telepon, bertemu dengan tamu, menanggapi email, menjadwal pertemuan, membuat laporan, mengatur perjalanan dan tugas lain.


Customer service
Pekerjaan ini mengharuskan seseorang menjawab telepon sambil memasukkan datanya ke dalam sistem komputer, seperti cek harga, verifikasi biaya pengiriman, pajak dan rincian lain yang diperlukan.


Perawat
Tugas yang ada berpusat pada perawatan pasien serta melibatkan pencatatan yang akurat dan konstan, seperti memeriksa tanda vital, mencatat gejala pasien, pemberian obat serta dukungan emosional untuk pasien dan keluarga.


Resepsionis
Pekerjaan resepsionis dari luar tampak mudah, padahal pekerjaan ini sangat multitasking seperti halnya sekretaris. Komunikasi merupakan tantangan terbesar bagi resepsionis setiap harinya dan berurusan dengan berbagai pengunjung serta kebutuhan kerja. Pekerjaan ini bisa membuat orang sangat stres terutama pada hari libur.


Operator telepon
Pekerjaan ini mengharuskan seseorang melakukan beberapa tugas sekaligus seperti menerima telepon dan mengetik data yang didapatkan dari si penelepon. Koordinasi antara otak dan tangan sangat berperan dalam pekerjaan ini.


Pekerjaan lainnya
Pekerjaan lain yang membutuhkan keterampilan multitasking diantaranya teller bank, bartender, koki, supervisor, pemimpin tim atau manajer proyek, programer komputer, pengontrol lalu lintas dan petugas HRD.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »