Mengunyah Makanan 40 Kali Bisa Bantu Turunkan Berat Badan



img
(Foto: thinkstock)
Harbin, China, Mengunyah makanan hingga lembut selama ini dipercaya dapat memudahkan fungsi pencernaan. Tak hanya itu, ilmuwan juga menyarankan mengunyah makanan sebanyak 40 kali dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengunyah makanan lebih lama secara signifikan dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan.

Peneliti mengatakan orang yang mengunyah makanan 40 kali tiap suap akan mengonsumsi makanan 12 persen lebih sedikit daripada orang yang mengunyah makanan sebanyak 15 kali, seperti dilansir Dailymail, Senin (1/8/2011).

Diperkirakan mengunyah makanan lebih lama dapat mencegah orang makan berlebihan dengan memberikan otak lebih banyak waktu untuk menerima sinyal dari perut yang penuh atau kenyang.

Hal ini juga dapat menurunkan kadar ghrelin, yaitu 'hormon lapar' yang beredar dalam sistem pencernaan.

Dalam penelitian ini, peneliti di Harbin Medical University, China, merekrut 16 pria ramping dan 14 pria obesitas usia belasan tahun akhir dan 20-an tahun, serta dilakukan dua percobaan.

Percobaan pertama, peneliti ingin melihat apakah partisipan pria obesitas mengunyah makanan dengan cara berbeda dibandingkan partisipan pria ramping. Setiap partisipan diberi kue dan difilmkan dengan kamera rahasia untuk menguji berapa kali mereka mengunyah sebelum ditelan.

Hasilnya ditemukan bahwa meskipun pria obesitas mengunyah pada kecepatan yang sama seperti pria ramping, pria obesitas menelan makanan jauh lebih cepat, dengan kata lain hanya mengunyah beberapa kali.

Dalam percobaan kedua, kedua kelompok masing-masing diberi kue dan diminta mengunyah sebanyak 15 kali lalu ditelan. Dan peneliti menemukan bahwa ketika partisipan mengunyah lebih lama mereka mengonsumsi 11,9 persen kalori lebih sedikit, terlepas dari apakah mereka ramping atau obesitas.

Tes darah yang diambil 90 menit setelah makan dengan mengunyah 40 kali juga memperlihatkan partisipan memiliki tingkat ghrelin yang jauh lebih rendah dari ketika mereka mengunyah 15 kali.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Indahnya Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »